Tidak semua orang mengetahui apa itu Freon, mungkin anda juga salah satu orang yang masih awan dengan Freon ini. Freon merupakan salah satu produk Chemours, Chemours sendiri merupakan salah satu perusahaan spin-off yang merupakan salah satu perusahaan kimia. Perusahaan ini menjadi perusahaan yang memproduksi Teflon, Titanium Dioxide, Opteon, dan juga Freon. Sehingga Freon ini menjadi salah satu produk kimia yang sering ditemukan di kehidupan sehari – hari.

Freon ini sendiri sering kali ditemukan di AC, di dalam AC tersebut terdapat refrigen yang mana mempunyai fungsi sebagai pertukaran antara panas yang ada di dalam AC sehingga bisa membuat AC mendinginkan sebuah rungan. Dengan adanya refrigen ini maka bisa menghasilkan sebuah siklus yang dinamakan siklus tertutup. Refrigen ini sendiri tidaklah langsung terbuang begitu saja melainkan mengalami perubahan dari cair menjadi gas, yang mana nantinya akan berubah kembali menjadi cair. Proses ini merupakan salah satu proses yang akan berlangsung secara berkesinambungan yang mana akan terjadi proses penyerapan dan pelepasan panas yang ada sehingga mampu menghasilkan prinsip termodinamika.

Bagi anda yang penasaran mengenai berbagai hal terkait seberapa pentingnya keberadaan Freon ini dan juga ketika AC di rumah maupun di mobil rusak apakah harus diganti, anda bisa menemukan berbagai informas terkait dengan informasi tersebut di ulasan bawah ini.

www.pexels.com

Seberapa Pentingnya Freon?

Freon memang tidak asing keberadaannya untuk sehari – harinya, Freon ini terbagi menjadi beberapa macam. Salah satu Freon yang banyak dikenal oleh orang adalah Freon R22. Bagi anda yang penasaran dengan Freon ini anda bisa menyimak beberapa informasinya di bawah ini.

  1. Pengertian

Freon tipe R22 ini merupakan sebuah refrigerant atau yang lebih sering dikenal dengan pendinginan. Pendinganan refrigerant ini lebih baru dibandingkan dengan pendinginan yang ada di masa lalu. Freon tipe satu ini sering ditemukan di AC rumahan atau suatu ruangan.Selain dipakai di dalam ruangan, anda juga bisa menemukan AC ini di dalam mobil. Keberadaan AC ini memang banyak dipergunakan untuk beberapa hal, namun dibalik banyak manfaat, Freon ini juga mempunyai dampak yang cukup buruk jika tidak menjalankan fungsinya dengan baik.

  1. Sejarah Freon

Pada awal mulanya Freon ini muncul menjadi salah satu pendinginan yakni pada tahun 1990-an. Pada awal mulanya ditemukan pendinginan ini lebih dikenal dengan sebutan CFC yang mana CFC ini merupakan singkatan dari chlorofluorocarbons. Namun setelah berkembangnya jaman CFC ini berkembang menjadi HCFC. HCFC sendiri merupakan singkatan dari hydrochloroflourocarbon. Sedangkan untuk Freon R22 ini menjadi salah satu bagian dari HCFC tersebut.

Semakin banyak dikenalnya oleh beberapa pihak, Freon ini mulai terjual secara terbatas, bahkan stok dari Freon ini tidak bisa ditambah lagi. Bagi anda yang mempunyai AC dirumah yang masih menggunakan Freon tipe ini kemungkinan akan lebih sulit untuk menemukan ganti dari Freon tersebut. Jika memang AC anda masih menggunakan tipe ini dan ketika anda mempunyai dana, anda bisa membeli AC dengan tipe yang lainnya. Namun bagi anda yang tidak ingin mengganti AC yang telah anda miliki tersebut, anda juga bisa menemukan beberapa atribut di tempat yang menyediakan.

www.pexels.com
  1. Kegunaan Freon

Menjadi salah satu kumpulan dari beberapa senyawa seperti bromine, hydrogen, dan klorin, Freon ini dianggap keberadaannya sangat membantu. Freon ini pada dasarnya bisa ditemukan di kulkas, AC, Chiller, dan pada Freezer. Tidak hanya di beberapa benda tersebut Freon ini bisa ditemukan, pada dasarnya Freon ini bisa ditemukan di beberapa benda yang merupakan salah satu alat pendinginan.

  1. Cara Kerja Freon

Dalam menjalankan fungsinya Freon ini juga mempunyai cara kerjanya tersendiri. Cara kerja dari Freon ini sendiri adalah adanya sistem kumparan dan adanya kompresor pada AC. Di dalam AC akan ada proses memadatkan gas R22 yang mana proses ini akan menghasilkan panas. Nantinya jika gas tersebut bergerak melalui kumparan yang telah disediakan nantinya udara akan mendingin dan akan berubah menjadi cair.

Freon R22 yang didinginkan pada nantinya akan menyerap panas yang berasal dari udaraluar, yang mana akan didorong oleh udara dingin untuk keluar. Itulah cara kerja dari AC baik di dalam rumah maupun yang ada di mobil, pada dasarnya siklus yang ada di AC akan mengeluarkan udara panas dan dingin sehingga mampu menghadirkan kesan yang nyaman bagi orang yang menikmatinya. Kebaradaan Freon pada AC ini memang terbilang sangat penting, keberadaan Freon ini sendiri memang menjadi pendinginnya.

Namun akan sedikit berbeda ketika AC mengalami kerusakan, bahkan ada AC yang rusak hingga mengeluarkan cairan. Cairan dari pendingin bocor tersebut maka akan mengakibatkan AC tidak mengeluarkan udara dinginnya. Tidak hanya tidak berfungsi lagi, namun dengan adanya kebocoran AC ini maka sangat berbahaya untuk ozon. Maka dari itu ketika AC yang anda miliki rusak alangkah baiknya jika segera mengganti AC anda dengan yang baru.

www.pexels.com

AC Freon R22 Rusak Harus Diganti?

Bagi anda yang dirumah menggunakan AC maupun mempunyai AC di dalam mobil yang sedang rusak, mungkin anda sedang bingung sebaiknya harus dibagaimanakan, apakah harus diperbaiki ataupun harus menggantinya yang baru. Mungkin tidak semua orang sadar pentingnya memperbaiki AC yang rusak. Ketika AC Freon R22 anda rusak maka anda harus menggantinya dengan yang baru, pasalnya jika anda hanya ingin mengganti bagian Freonnya bukanlah hal yang mudah untuk menemukan toko yang menyediakan Freon tersebut.

Biasanya orang akan mengganti AC dengan yang baru ketika AC yang lama rusak. Namun pada dasarnya tidak semua AC yang rusak bersumber dari Freonnya, namun ada beberapa AC yang mengalami kerusakan karena suatu hal. Biasanya AC rusak bisa saja berasal dari filternya yang rusak, ataupun harus memasang ulang lebih tepat pada bagian tremostatnya. Biasanya kedua bagian tersebut yang sering mengalami permasalahan, jika anda menemukan kedua hal tersebut pada AC anda mungkin anda tidak perlu menggantinya dengan yang baru namun masih bisa diperbaiki.

Itulah berbagai hal terkait dengan AC Freon R22, sebagai salah satu pengguna AC tentu saja anda harus berbagai informasi terkait dengan AC tersebut. Pasalnya untuk bisa menjalankan fungsi AC sesuai dengan aturan cukup susah, bahkan para pengguna AC juga harus sering memperhatikan perawatan dari AC tersebut. Ketika AC rusak maka alangkah baiknya AC tersebut harus di perbaiki sehingga tidak berdampak serius untuk lapisan ozon. Itulah sekilas informas yang bisa disampaikan diulasan kali ini, masih ada banyak informasi lainnya terkait dengan Freon AC yang bisa anda ketahui, semoga dengan adanya informas tersebut anda lebih mudah memahami berbagai hal terkait kerja AC.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *