Rumah adalah bangunan yang digunakan sebagai tempat berlindung seseorang dari panas maupun hujan. Rumah dikatakan sebagai tempat tinggal karena di situlah seseorang melakukan berbagai aktivitas dari pagi hari sampai malah hari di luar aktivitas pekerjaan atau kegiatan lain. Sebagai tempat tinggal, setiap orang tentu ingin memiliki fasilitas yang memadai dalam rumah mereka. Dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, setiap penghuni rumah maupun tamu yang datang pasti akan merasakan kenyamanan di dalam rumah tersebut.

Fasilitas yang paling utama tentu adalah kamar tidur dan kamar mandi. Kamar tidur berfungsi sebagai ruangan untuk beristirahat, sedangkan kamar mandi tentu digunakan untuk mandi aktivitas bersih diri lainnya. Selain itu, bagi orang yang mampu tentu akan menyiapkan ruang tamu, ruang keluarga, dapur, gudang, garasi, dan fasilitas lainnya untuk menunjang kenyamanan.

www.pexels.com

Kembali ke kamar mandi, biasanya memiliki luas yang lebih kecil daripada ruang lainnya. Hal ini karena kamar mandi hanya digunakan untuk melakukan aktivitas bersih diri dan semacamnya. Meski begitu, tak jarang kamar mandi juga disiapkan dengan ruangan yang cukup luas. Bahkan, kamar mandi tersebut seringkali memiliki desain yang cukup unik dan terlalu bagus untuk sebuah kamar mandi. Tak hanya kamar mandi yang memiliki luas cukup saja yang dapat didesain sedemikian rupa. Kamar mandi kecil pun juga bisa dimodel dengan desain yang unik.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Kamar Mandi Kecil

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun kamar mandi kecil. Tak hanya itu saja, beberapa hal berikut ini juga bisa digunakan sebagai panduan sebelum membangun kamar mandi dengan ukuran yang luas. Berikut ulasannya :

www.pexels.com
  1. Fungsi Furniture

Fungsi utama dari kamar mandi adalah sebagai tempat untuk melakukan bersih-bersih, misalnya untuk mandi atau yang lainnya seperti cuci tangan, cuci muka, atau menyikat gigi. Jika memang Anda berniat membangun kamar mandi dengan tujuan tersebut, maka ruangan yang dibutuhkan tidak perlu luas. Untuk furniture yang perlu disiapkan juga secukupnya saja. Dengan luas yang agak sempit, furniture tidak akan membuat kamar mandi menjadi lebih sempit lagi.

  1. Luas Kamar Mandi

Jangan lupa untuk memperhatikan luas dari kamar mandi yang akan dibangun. Kamar mandi yang berukuran kecil harus benar-benar memperhatikan hal-hal yang terlihat sepele. Misalnya arah pintu apakah terbuka ke dalam atau ke luar. Untuk kamar mandi yang berukuran kecil, lebih baik arah pintu terbuka keluar, sehingga Anda bisa meletakkan sesuatu di balik pintu tersebut.

  1. Lokasi Kamar Mandi

Lokasi kamar mandi ini sangat penting untuk diperhatikan. Lokasi kamar mandi yang ideal tentu tidak terlalu jauh dengan tempat berkumpul anggota keluarga, tetapi juga tidak terlalu dekat. Sehingga, Anda dan anggota keluarga yang lain bisa menggunakannya dengan nyaman. Alangkah baiknya, lokasi kamar mandi berada dekat dengan ruangan lain yang membutuhkan air juga, misalnya dapur dan tempat mencuci. Hal ini bisa membuat penggunaan air lebih efisien karena berkaitan dengan instalasi sistem pemanas air yang akan dipasang.

www.pexels.com

Penggunaan air akan semakin efisien jika sistem pemanas air dipasang dekat dengan kamar mandi. Untuk kamar mandi yang berukuran kecil juga tidak akan mengganggu ruangan yang lainnya. Bahkan, seringkali kamar mandi dibangun dengan memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga.

Beberapa Ide agar Kamar Mandi Kecil Terlihat Lebih Menarik

Kebanyakan orang menginginkan kamar mandi yang tidak terlalu luas agar tidak memakan tempat. Namun, bukan berarti kamar mandi kecil ini tidak bisa tampak mewah seperti kamar mandi yang lebih luas. Kamar mandi yang luas tentu bisa didesain lebih menarik dengan tambahan furniture yang menarik. Namun, hal ini juga bisa dilakukan untuk kamar mandi yang memiliki ukuran kecil. Simak ulasannya sebagai berikut :

  1. Penggunaan Aksen Dinding Mewah

Menggunakan keramik kamar mandi dengan motif yang besar bisa membuat kamar mandi tampak lebih menarik. Hal ini dikarenakan pengguna kamar mandi akan terfokus pada dinding yang menarik daripada luas kamar mandi yang agak sempit. Untuk menghemat tempat, pemilihan shower head bisa menjadi solusinya. Sehingga, kamar mandi menjadi lebih luas dan tetap nyaman untuk digunakan.

  1. Penggunaan Hiasan Tanaman dan Batu

Kamar mandi kecil tidak menghalangi Anda untuk membuatnya lebih menarik. Anda bisa menggunakan tanaman pada sudut yang kosong untuk menambah keindahan. Apalagi jika ditambah dengan batu alam sebagai alas dari pot berisi tanaman tersebut.

  1. Kamar Mandi dengan Batu Marmer

Batu marmer adalah batu yang memiliki motif indah dan mudah untuk dipahat dalam berbagai bentuk. Hal ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai ide untuk kamar mandi Anda yang berukuran minimalis. Keindahan batu marmer akan membuat kamar mandi tampak lebih istimewa. Apalagi jika Anda menambahkan lampu spotlight untuk menyorot sisi sudut atau sisi lainnya pada kamar mandi.

www.pexels.com
  1. Kamar Mandi Bermaterial Kayu dan Batu

Desain kamar mandi yang menggunakan material kayu dan batu akan memunculkan nuansa alam yang menarik. Kayu bisa Anda manfaatkan untuk bagian kamar mandi yang kering. Sedangkan batu alam bisa digunakan pada bagian lain agar tampak lebih menarik.

  1. Kamar Mandi Gaya Skandinavian

Ide kamar mandi gaya skandinavian ini memiliki desain yang berfungsi untuk membedakan dengan ruangan lain. Pada bagian dinding yang rawan basah, Anda bisa menggunakan lapisan waterproof dengan motif batu bata putih bersih. Sedangkan untuk bagian yang kering, Anda bisa menambahkan wallpaper sesuai keinginan. Ciri khas dari gaya skandinavian adalah adanya karpet bulu di kamar mandi yang membuatnya tampak lebih unik dan istimewa.

  1. Pemilihan Warna Dinding yang Cerah

Umumnya, kamar mandi memiliki warna serba putih. Namun, untuk kamar mandi yang berukuran tidak terlalu luas, tak ada salahnya untuk memilih warna yang lebih cerah. Hal ini bisa membuat kamar mandi Anda tampak lebih berwarna. Misalnya warna kuning yang akan menciptakan nuansa segar pada kamar mandi.

www.pexels.com
  1. Penggunaan Gaya Klasik

Dalam gaya klasik, penggunaan keramik dinding akan memberikan efek luas pada kamar mandi. Untuk menghemat ruang, Anda bisa memilih bathub vintage daripada bathub rektangular agar kamar mandi tampak lebih nyaman. Anda juga bisa menambahkan tanaman pada sisi yang kosong, misalnya di sebelah jendela atau wastafel.

Dalam membangun kamar mandi, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah masalah kebersihan. Sebagai tempat untuk bersih-bersih, maka kamar mandi akan menyisakan kotoran atau kuman yang bisa mengundang penyakit. Namun, mencoba berbagai inspirasi yang ada di dalam hustopia.com juga akan menciptakan kamar mandi kecil yang bersih dan menarik untuk dilihat dan digunakan. Sehingga, Anda, anggota keluarga, atau para tamu menjadi lebih nyaman ketika menggunakan kamar mandi di rumah Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *