Belakangan ini telah menjadi gaya hidup berupa vlog. Apa itu vlog? Vlog adalah video blog, yang mana dahulu atau beberapa tahun yang lalu, orang menulis catatan atau konten dalam bentuk tulisan di blog, tapi sekarang sudah beralih kedalam bentuk video. Bahkan sekarang  banyak yang berlomba-lomba untuk membuat vlog dengan konten terbaik, agar mendapatkan subcribe terbanyak dan bisa meraih pundi-pundi dollar. Tapi, tentu untuk mencapai hal itu diperlukan alat sehingga bisa memperoleh hasil yang diinginkan. Adapun alat yang dimaksud yaitu kamera video.

Kamera video adalah alat yang tepat untuk mengabadikan setiap momen terbaik Anda, yang hanya bisa diambil saat ini. Bermula dari Handycam Sony yang klasik, kini telah beredar banyak kamera video  dari Panasonic, Canon, JVC, maupun merek lainnya dengan beragam keunggulan seperti tahan air, berukuran kecil, hingga kamera video  tipe 4K.

Agar tidak menjadi sia-sia ketika Anda membeli kamera yang mana untuk Anda pakai untuk membuat video, kali ini, akan dibagikan tips mengenai bagaimana cara memilih kamera video, agar Anda bisa mendapatkan kamera video yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

www.pexels.com

Kamera Video dan Tips Sebelum Membelinya

Berikut ini telah dirangkum tips dan cara-cara memilih kamera video untuk Anda yang ingin mengabadikan setiap kenangan bukan hanya dalam bentuk foto, melainkan dalam video yang indah. Bahkan bagi Anda yang tertarik berkarir menjadi youtuber.

  1. Memperhatikan Harga Kamera Video

Ada begitu banyak produk kamera video yang dijual dengan rentang harga yang bervariasi. Mulai dari jenis kamera premium dengan harga Rp 20.000.000,00 lebih hingga kamera video yang harganya tidak sampai Rp 5.000.000,00. Tentunya Anda akan bingung untuk memilih kamera video mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan? Untuk kamera jenis premium, fungsi maupun kualitasnya bisa dikategorikan sebagai yang terbaik. Tapi bagi pemula, mungkin akan ditemukan fungsi-fungsi yang tidak perlu atau kualitas yang dirasa berlebihan. Sebaliknya, bagi orang yang serius yang ingin memproduksi sebuah film, fungsi dan kualitas dari produk murah juga mungkin tidak akan cukup. Untuk itu, sesuaikan kebutuhan dengan anggaran Anda dan gunakan referensi dibawah ini untuk mendapatkan kamera video yang sesuai.

  1. Membeli Kamera Video yang Sesuai dengan Kebutuhan

Saat Anda ingin membeli kamera video, apakah Anda sudah menentukan apa yang ingin Anda rekam dan bagaimana Anda akan merekamnya? Anda hanya perlu kamera dengan harga murah bila kebutuhan Anda hanya sebatas ingin merekam tumbuh kembang anak, mengabadikan kegiatan olahraga, menyaksikan pertunjukan anak di sekolah, maupun saat Anda berpergian bersama keluarga tercinta. Selain itu, ada kalanya kamera video juga dipakai oleh anggota keluarga yang lain. Jika penggunaannya hanya sebatas pada rekaman sederhana, tentunya kamera dengan harga murah pun sudah cukup.

Apakah Anda gemar mengabadikan momen saat berlibur dan saat menonton pertandingan olahraga? Banyak orang yang ingin mengabadikan waktu liburan dan pertandingan olahraga dengan baik. Agar lebih memuaskan, tentunya Anda ingin menggunakan kamera video yang bisa menghasilkan kualitas gambar dengan performa tinggi untuk merekam obyek bergerak tersebut. Selain itu, ada juga action camera, yaitu jenis kamera yang dipakai untuk mengambil video selama perjalanan, yang dipasang di sepeda maupun di helm. Sambil beraksi, Anda dapat merekam langsung apa yang Anda lihat.

Intinya, sebelum memutuskan untuk membeli kamera video, pastikan untuk menetapkan tujuan dari penggunaan kamera video tersebut. Apakah kamera tersebut akan dipakai di lingkungan keluarga, atau dipakai untuk kegiatan khusus seperti bikin vlog, sehingga Anda memerlukan kamera video yang memiliki fitur lengkap. Dengan memperhatikan hal tersebut, kita bisa menentukan kisaran harga maupun fungsi kamera video yang hendak kita beli.

www.pexels.com
  1. Kamera Video dengan Kemampuan Membidik dalam Kegelapan

Memilih kamera video tidak hanya sekedar menentukan harga dan tujuan penggunaanya saja. Anda juga perlu mempertimbangkan waktu dan dalam kondisi apa kamera video tersebut akan dipakai. Sebagai contoh, banyak di antara kita yang sering merasa kecewa saat melihat hasil gambar acara di malam hari, ataupun saat pesta ulang tahun ketika lampu dimatikan untuk meniup lilin, maupun kegiatan lainnya. Kamera video Anda tidak bisa memberikan hasil yang maksimal karena tidak dilengkapi dengan fungsi khusus untuk mengambil gambar di malam hari. Maka dari itu, pilihlah kamera video yang memiliki kemampuan yang baik untuk mengambil gambar di malam hari, maupun dalam kegelapan.

  1. Kamera Video dengan Kemampuan Autofocus

Secara khusus, fungsi autofocus digunakan untuk membidik obyek yang bergerak. Dengan adanya fungsi ini, Anda bisa mengabadikan momen spesial, misalnya penampilan anak Anda di acara sekolah, lucunya bayi yang bermain di lantai, maupun suasana balap motor, semua dengan hasil yang memuaskan. Sebelum membeli, jangan lupa untuk mengecek kecepatan penyesuaian fokusnya.

  1. Kamera Video dengan Kualitas Suara

Saat membeli kamera video, orang-orang cenderung hanya mempertimbangkan gambar hasil rekamannya. Namun, ada hal lain yang tak kalah pentingnya, yaitu kualitas suara. Ada kalanya Anda ingin merekam kegiatan seperti lomba menyanyi, acara karaoke keluarga, maupun kegiatan pentas seni. Jika kamera video Anda tidak memiliki kemampuan merekam dengan kualitas suara yang baik, ada kemungkinan suara hasil rekaman Anda akan mengecewakan karena tidak sesuai dengan suara aslinya.

Sekarang sudah banyak dijual kamera video yang dilengkapi dengan fitur untuk mereduksi suara angin maupun suara si pengambil gambar. Bagi Anda yang menginginkan hasil rekaman dengan suara yang jernih, maka pilihlah kamera video dengan dengan kualitas suara yang bagus.

www.pexels.com
  1. Kamera Video dan Anti Getar

Fitur ini sudah umum dipakai pada kamera DLSR, dan kini juga lazim dipakai di kamera video pada umumnya. Fitur anti getar ini sangat penting, karena terkadang tanpa kita sadari, ada pergeseran besar yang timbul akibat gerak badan meskipun tangan sudah memegang erat kamera saat pengambilan gambar. Kini, teknologi kamera video telah semakin berkembang. Masing-masing produsen saling bersaing untuk membuat kamera video dengan fitur-fitur yang berbeda. Sebagai contoh, ada produk kamera video yang mampu dipakai dalam 5 poros (vertical, horizontal, maju, mundur, dan datar),  maupun produk yang memiliki akurasi yang tinggi karena lensanya yang mampu digeser (bukan sensornya yang digeser).

Jika Anda bermaksud untuk merekam kegiatan olahraga, kemampuan anti getar akan sangat diperlukan untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik. Maka dari itu, pilihlah kamera video yang sudah disertai dengan fitur anti getar.

  1. Kamera Video Viewfinder

Viewfinder merupakan jendela kecil pada kamera yang dipakai untuk melihat obyek yang akan diambil. Kamera video yang umum dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal biasanya tidak dilengkapi dengan fungsi ini, sehingga membuat pengguna hanya bisa memastikan objek melalui layar monitor.

Ketika kita ingin mengambil gambar di siang hari yang terik, seringkali gambar yang akan kita bidik tidak terlihat di layar, karena tampilannya kalah dengan sinar matahari langsung. Pada saat seperti ini, yang Anda butuhkan adalah viewfinder yang memiliki kemampuan besar. Karena Anda bisa mengambil gambar sambil mengecek objeknya secara langsung, tanpa terpengaruh oleh monitor yang tidak terlihat akibat cahaya sekitar yang terlalu cerah. Fitur ini sangat penting bagi Anda yang sering mengambil gambar di luar ruangan.

  1. Kamera Video dengan Kemampuan Zoom dan Wide-Angle

Kemampuan zoom merupakan hal standar yang menjadi pertimbangan siapapun saat hendak membeli sebuah kamera. Saat ini, sudah banyak dijual kamera video dengan 20x-40x optical zoom, bahkan ada juga produk yang mengklaim mampu mencapai hingga 60x zoom dari fungsi digitalnya. Untuk Anda yang senang mengambil gambar pemandangan di luar ruangan, tentunya Anda ingin memasukkan sebanyak mungkin apa yang nampak di depan mata ke dalam frame kamera. Untuk itu, Anda membutuhkan kamera video yang memiliki fitur wide-angle (kemampuan untuk menangkap obyek yang luas dalam jarak dekat) yang baik.

www.pexels.com

Kamera Video dan yang Terbaik di Kelasnya

Selain penjelasan tentang bagaimana cara memilih kamera video, di bawah ini kami akan dipaparkan produk kamera video yang terbaik di kelasnya. Pilihlah yang sesuai dengan fungsi dan fitur yang Anda inginkan.

  1. Kamera Andoer HDV-Z20

Kualitas video Andoer HDV-Z20 terbilang bagus untuk kelas harga yang ditawarkan. Satu hal yang menjadi daya tarik kamera ini adalah fitur pengaturan saat melihat video dengan resolusi yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyaksikan video lama Anda yang masih menggunakan kamera tempo dulu. Selain itu, kamera video ini juga sudah dilengkapi dengan fitur anti getar, sehingga sudah bisa dipastikan Anda tidak akan mendapatkan hasil gambar yang blur. Kualitas suara yang dihasilkannya pun cukup baik. Tombol menu untuk mengoperasikan kamera video ini juga mudah dipahami oleh siapa pun. Kamera video yang pas untuk Anda yang senang bepergian keluar.

  1. Kamera Brica B-Pro5 Alpha Edition

Brica B-PRO5 Alpha Edition adalah kamera aksi tahan air yang tidak memerlukan bantuan perangkat lain untuk melindungi layarnya saat dipakai. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat dinanti oleh para pecinta diving dan dunia bawah air karena dengan kamera ini Anda bisa menikmati dan mengabadikan keindahan bawah laut saat Anda saat berinteraksi dengan ikan maupun satwa disana. Produk ini juga cocok untuk Anda yang senang mengadakan pool party. B-PRO5 Alpha Edition mampu merekam dengan kualitas gambar 720 dan 1080 (full HD) dengan kecepatan 30fps sampai 60fps. Baterai kamera aksi ini cukup bisa diandalkan, bisa bertahan kurang lebih selama 2 jam dari kondisi baterai penuh.

  1. Kamera Panasonic HC-V180K Full HD Camcorder

Panasonic HC-V180K Full HD Camcorder merupakan kamera yang nyaman digunakan dalam setiap acara keluarga Anda. Kualitas Full HD 1080p yang ditawarkannya bisa menangkap dengan jernih objek jarak dekat maupun objek jarak jauh. Dengan fitur wide-angle lens yang dilengkapi optical zoom sebesar 50x dan 90x, memungkinkan Anda untuk merekam setiap detail aktivitas keluarga Anda dengan sempurna. Daya tahan baterai kamera video ini juga sangat baik, sehingga bisa digunakan berulang-ulang dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Kamera Xiaomi YI 4K

Di kelas action camera, Xiaomi YI 4K adalah jenis kamera yang memiliki resolusi gambar paling tinggi, yaitu 16MP. Meskipun pencahayaan pada kamera ini tergolong kurang baik, namun hasil gambar yang ditangkap kamera ini terbilang cukup baik. Fitur burst bawaan kamera ini berfungsi untuk mengambil  objek yang bergerak cepat. Satu hal yang menjadi keunggulan produk dari Xiaomi ini adalah konektivitasnya dengan kabel USB. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengisian daya dengan charger ponsel. Sangat praktis bukan?Action cam dengan fungsi koneksi wifi ini  juga mempermudah pengguna dalam mentransfer data karena bisa langsung memindahkan foto dari kamera ke ponselnya.

  1. Kamera Canon VIXIA HF R800

Canon VIXIA HF R800 memudahkan Anda untuk menikmati setiap detail pengambilan gambar karena telah dilengkapi fitur slow play back. Fitur ini berguna untuk menganalisa dengan segera hasil gambar beresolusi tinggi yang Anda ambil pada obyek yang bergerak seperti saat pertandingan olahraga, maupun saat konser/ pementasan musik dan tari. Dengan kemampuan zoom hingga 57x, Anda bisa mengambil gambar jarak pendek, menengah dan jarak jauh tanpa ada masalah. Fitur slow and fast motion recording adalah keunggulan utama dari produk ini. Dengan kamera video ini, Anda bisa membuat hasil rekaman selama 20 jam menjadi satu menit saja! Pilihan sempurna untuk Anda yang ingin mengabadikan kegiatan Anda secara keseluruhan.

  1. Kamera Sony HDR CX405 Handycam

Sony HDRCX405 merupakan pilihan tepat bagi Anda yang gemar mengunggah video ke YouTube, karena bisa menghasilkan kualitas video dengan suara yang sangat bagus. Ringan, dan bentuknya yang tidak melebihi kaleng minuman sangatlah praktis dan mudah dibawa kemanapun. Dilengkapi dengan sensor Exmor R CMOS 1/5.8”, kamera video ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan video yang brilian bahkan dalam kondisi rendah cahaya. Sangat ideal untuk berbagai situasi dalam acara keluarga, liburan sekolah, dan mudah untuk diunggah ke media sosial. Kamera ini tergolong yang paling sering di review penggunanya di YouTube. Jadi, untuk Anda yang ingin mencoba maupun yang sudah menjadi YouTuber, kami sangat merekomendasikan produk ini.

www.pexels.com
  1. Kamera Canon Legria HF R36 HD Camcorder

Semua tahu bahwa Canon adalah salah satu merek kamera paling ternama di dunia. Canon selalu membuat produk-produk terbaik, yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan kita yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Canon Legria. Video kamera ini sangat cocok bagi Anda yang suka akan desain simpel dan sederhana. Memiliki fitur unggulan yaitu mampu mengambil gambar dengan kualitas 1920 x 1080 HD. Produk ini juga dilengkapi dengan 32x optical zoom, yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar jarak menengah dengan hasil maksimal. Bentuknya kecil dan ringan, pas untuk dibawa bepergian sambil mengabadikan setiap momen yang Anda lewati.

  1. Kamera Sony HDR-PJ410 Handycam

Sony HDR-PJ410 memiliki kestabilan gambar yang luar biasa. Anda dapat merekam film dengan mudah saat Anda bergerak maupun dalam jarak yang kurang stabil. Hal itu bisa dilakukan karena kamera video ini memiliki efektivitas penstabil gambar dari faktor guncangan yang lebih kuat hingga 13x lipat dari model kamera sekelasnya. Built-in Projector pada Sony HDR-PJ410 adalah layanan tambahan yang paling menonjol dari kamera ini. Anda dapat mengambil gambar, lalu menunjukkan hasilnya secara langsung pada rekan Anda tanpa perlu menggunakan proyektor tambahan. Fungsi Multi Camera Control memudahkan Anda untuk melakukan sinkronisasi pengaturan pengambilan gambar pada semua perangkat. Anda cukup mengunduh aplikasi PlayMemories Mobile untuk bisa memulainya.

  1. Kamera JVC Everio GZ-EX315

Kamera video dengan ukuran mini ini memiliki keunggulan yang tahan terhadap air sehingga bisa digunakan untuk merekam video di laut maupun di pantai. Dengan 40x optical zoom, Anda bisa merekam gambar hingga jarak menengah. Anda juga tidak perlu pusing menambah cup lensa karena struktur lensa bawaan kamera ini sudah kuat dan dalam keadaan terlindungi. JVC GZ-EX-315 bisa digunakan untuk kualitas resolusi 1920 x 1080 atau High Definition dalam balutan layar 3 inchi yang mini. Anda juga tidak perlu khawatir ketika ingin mengambil gambar di cahaya yang redup, karena dengan sensor CMOS backlight dan teknologi Super LoLux, memungkinkan Anda untuk bisa mengambil gambar di kondisi gelap dengan hasil yang maksimal.

Bagi Anda yang ingin melihat penampakan kamera video ini secara audio visual bisa juga dengan mendatangi mall kamera yang melakukan rental videotron.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *